Selasa, 25 Oktober 2011

Teori Organisasi Umum 1


Fungsi Komunikasi dalam Organisasi
Komunikasi dapat dipandang sebagai sarana untuk menyalurkan masukan sosial kedalam system sosial. Komunikasi juga merupakan saran memodifikasi perilaku, mempengaruhi perubahan, memproduktifkan informasi dan sarana untuk mencapai tujuan.

Dalam dunia usaha dewasa ini, informasi mengalir lebih cepat. Kemacetan yang sangat singkat sekalipun dalam lini produksi yang bergerak cepat dapat menyebabkan kerugian besar karena hilangnya hasil produksi. Unsur penting lainnya adalah jumlah informasi yang makin lama makin membengkak dan sering menyebabkan beban informasi yang berlebihan, yang sebenarnya diperlukan bukanlah informasi yang lebih banyak, tetapi informasi yang relevan. Dengan demikian perlu ditentukan jenis informasi yang diperlukan manajer dalam rangka pengambilan keputusan yang efektif.

Fungsi komunikasi dalam suatu organisasi baik yang berorientasi komersial maupun sosial, komunikasi dalam organisasi atau lembaga tersebuat akan melibatkan 4 fungsi , yaitu :
1.      Fungsi informatif
2.      Fungsi regulatif
3.      Fungsi persuasif
4.      Fungsi integratif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar