Proses komunikasi adalah bagaimana sang komunikator
menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat dapat menciptakan suatu
persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses Komunikasi ini
bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif (sesuai dengan tujuan
komunikasi pada umumnya).
Didalam proses
komunikasi terdapat beberapa peran yang ada di dalamnya, diantaranya :
1. Komunikator
Komunikator
adalah pihak yang bertindak sebagai
pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan
seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Seorang
komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima,
namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan
oleh penerima, dan publik yang terkena dampak dari proses komunikasi yang
berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.
2. Pesan
Pesan
adalah
setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain. Pesan menjadi inti dari setiap proses
komunikasi yang terjalin.
3. Perantara
Perantara adalah
pihak yang ikut andil dalam proses komunikasi, misalnya : surat kabar, majalah,
televisi, radio dan sebagainya
4. Penerima
Penerima di dalam
proses komunikasi merupakan komunikan yang menerima informasi dari komunikator
5. Balikan
(feedback)
Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang
berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa
balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap
sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk
mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat.
Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan
penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya
merupakan balikan langsung yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan
sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak
Balikan
yang diberikan oleh orang lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap
perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku
penerima pesan sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat
untuk memberikan informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan
membantu untuk menumbuhkan kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan,
juga balikan dapat memperjelas persepsi.
Referensi :
https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:M7gXUeHnEA0J:elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/komunikasi_bisnis/bab2-macam_macam_komunikasi.pdf+&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEEShyDQ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar